Jokowi Presiden Pertama yang Berkunjung Ke Pegunungan Arfak - Berita Papua

Breaking

Senin, 18 November 2019

Jokowi Presiden Pertama yang Berkunjung Ke Pegunungan Arfak

Jokowi Presiden Pertama yang Berkunjung Ke Pegunungan Arfak

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi Pegunungan Arfak, Papua Barat. Sesampainya disana, Presiden Jokowi mengatakan disambut oleh ribuan warga serta tarian gembira.
.
"Tiba di Pegunungan Arfak, Papua Barat pagi ini disambut ribuan warga, tarian gembira dan kalungan manik-manik di lapangan bola Irai," Ujar Presiden Joko Widodo seperti yang dikutip dalam Instagram resminya @Jokowi, Minggu (27/10/2019).
.
Presiden Joko Widodo juga menceritakan bagaimana ia bisa sampai ke puncak pegunungan Arfak dengan menggunakan helikopter yang mendarat di Bandara Irai.
.
"Untuk sampai di sini, saya berangkat dari Bandara Domine Eduard Osok, Kota Sorong, ke Bandara Rendani, Kabupaten Manokwari, dan melanjutkan perjalanan dengan helikopter yang mendarat di helipad Bandara Irai," Jelasnya.
.
Tak hanya itu, perjalanannya menuju pegunungan Arfak juga disambut oleh pemerintah setempat dan terdapat perbincangan mengenai rencana pembangunan di Kabupaten Pegunungan Arfak serta peninjauan Pasar Irai.
.
"Di Arfak, saya sempat berdialog dengan pemerintah setempat mengenai rencana percepatan pembangunan di Kabupaten Pegunungan Arfak, dan meninjau Pasar Irai. Terima kasih atas sambutan warga Arfak," tambahnya.
.
Presiden Jokowi berjanji segera membangun sejumlah infrastruktur di Kabupaten Pegunungan Arfak, Papua Barat. Namun, Jokowi akan memprioritaskan untuk memperbaiki kondisi jalan yang ada di Kabupaten Pegunungan Arfak.
.
Sebab, jalanan di daerah itu penuh dengan batu-baru besar dan tanjakan yang curam. Bahkan untuk menuju ke Kota Manokrawi, warga harus menghabiskan waktu tiga hingga empat jam.
.
"Mengenai yang pertama, jalan antara Manokwari dan Pegunungan Arfak yang tadi Pak Bupati menyampaikan minta segera diselesaikan dan diaspal. Maka kita segera selesaikan," ujar Jokowi saat bertemu dengan warga Pegunungan Arfak, Minggu (27/10/2019).
.
Jokowi ingin akses jalan ini segera diaspal dan diperbaiki agar dapat memudahkan transportasi para warga yang ingin menjual hasil pertanian ke Manokrawi. Sebab, warga Pegunungan Arfak mayoritas bercocok tanam untuk menghasilkan uang.
.
Ini pertama kalinya Jokowi mengunjungi Kabupaten Pegunungan Arfak. Bahkan, mantan Wali Kota Solo itu merupakan presiden pertama yang menginjakkan kakinya ke Kabupaten Pegunungan Arfak.
.
"Sebelumnya belum pernah Pak Presiden Jokowi ke Pegunungan Arfak. Presiden Jokowi juga Presiden pertama yang ke sini, belum ada (Presiden) sebelumnya," kata salah satu warga Pegunungan Arfak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar