Demi Angkat Kesejahteraan Warga, Jokowi Fokus Membangun Papua - Berita Papua

Breaking

Rabu, 20 November 2019

Demi Angkat Kesejahteraan Warga, Jokowi Fokus Membangun Papua

Demi Angkat Kesejahteraan Warga, Jokowi Fokus Membangun Papua

Selama pemerintahan Presiden Joko Widodo, Papua merupakan salah satu daerah yang menjadi titik fokus pembangunan. Berbagai infrastruktur dihadirkan sebagai langkah nyata memperkuat perekonomian masyarakat Papua.
.
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa Papua selalu menjadi perhatian Presiden Jokowi. "Jokowi penting untuk Papua, Papua penting untuk Jokowi. 13 Kali Presiden Jokowi kunjungi Papua. Ada Trans Papua," katanya.
.
Jusuf Kalla (JK), mantan Wapres, meminta kepada publik agar tidak memandang sebelah mata terkait sikap Indonesia pada Papua dan Papua Barat. Dia menilai, pemerintah sudah memberikan perhatian besar kepada wilayah yang kini sedang terjadi insiden di Manokwari.
.
Dia menjelaskan, subsidi untuk wilayah tersebut diberikan lebih besar dari penghargaan yang diberikan PT Freeport. Dari sektor ekonomi juga banyak mengira bahwa Indonesia yang mengambil sumber daya alam (SDA).
.
"Tapi untuk diketahui, semua penghasilan besar itu Freeport dan gas itu kurang lebih Rp 20 triliun pajak royaltinya. Tapi negara, pemerintah memberikan anggaran, pembangunan, subsider hampir Rp100 triliun. Jadi Papua itu disubsidi habis," kata JK.
.
Dari dana subsider untuk papua, berikut ini beberapa infrastruktur yang difokuskan Presiden Jokowi dalam membangun Papua:
.
1. Jalan Trans Papua, Proyek jalan trans Papua sepanjang 4.330,07 kilometer yang menghubungkan provinsi Papua Barat dan Provinsi Papua.
2. Jembatan Panjang  Youtefa yang menghubungkan Hamadi-Holtekamp.
3. Infrastruktur Kelistrikan di Papua dan Papua Barat, Presiden Joko Widodo juga membangun enam infrastruktur yang telah diresmikan pada oktober 2016 lalu.
4. Setelah bandara Sentani, Pmerintah membangun dan mengembangkan 10 Bandara yaitu masing-masing 6 Bandara di Provinsi Papua dan 4 Bandara di Provinsi Papua Barat.
5. Pembangunan Jalan Perbatasan Indonesia - Papua Nugini, dari Merauke hingga Jayapura di Provinsi Papua sepanjang 1.098.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar